Thursday, June 12, 2014

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Minyak zaitun
MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN - Minyak zaitun adalah tanaman ajaib yang mengandung berjuta manfaat bagi tubuh manusia. Sudah sejak ribuan tahun yang lalu memang tanaman ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Bagaimana tidak, manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan kita. Minyak yang dibuat dari buah zaitun ini memiliki aroma yang khas yang menenangkan, sehingga tidak heran sering digunakan untuk aroam terapi.

Anda penasaran dengan berbagai manfaat dari menggunakan minyak zaitun? Mari kita baca ulasan ringkas berikut ini.

a. Mencegah kanker

Setelah dilakukan beberapa penelitian oleh para ahli, ternyata salah satu manfaat minyak zaitun dapat menghambat kerusakan sel yang pada akhirnya dapat memicu tumbuhnya kanker pada jaringan tubuh. Jadi konsumsi minyak zaitun jelas dapat menurunkan resiko tumbuhnya kanker.

b. Menurunkan Resiko terserangnya Penyakit Jantung

Sudah terbukti dalam beberapa studi , bahwa ternyata minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah, menekan jumlah kolesterol jahat dan mempertahankan kolesterol yang baik, juga dapat memperlancar aliran darah.

c. Menurunkan resiko osteoporosis

Minyak zaitun dapat mencegah terjadinya osteoporosis, namun tidak dapat menambah berat tulang yang telah hilang sebelumnya.

d. Menghilangkan Nyeri Sendi

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, maka produksi prostaglandin (zat yang dapat menurunkan rasa nyeri dan mencegah terjadinya pembengkakkan) dapat meningkat. Jadi secara otomatis nyeri sendi tentu akan hilang.

e. Menangkal Radikal Bebas

Minyak zaitun memiliki efek sebagai penangkal radikal bebas, karena mengandung zat bernama antioksidan-polifenol. Gunanya adalah untuk detox tubuh dari zat yang sudah tidak berguna bagi tubuh lagi. Sehingga tubuh tidak teracuni oleh zat tersebut, tidak terjadi radikal bebas dan akhirnya tubuh tetap sehat dan bugar.

f. Menurunkan Kadar Gula

Karena memiliki fungsi menurunkan kadar kolesterol jahat, maka resiko meningginya kadar gula dalam darah juga bisa dihindari. Jadi jika sejak dini sudah rutin untuk mengkonsumsi minyak zaitun sebagai menu sehat, maka resiko terserang penyakit diabetus akan menurun.

Setelah membaca artikel di atas, bagaimana menurut anda manfaat minyak zaitun bagi kesehatan ? Banyak sekali bukan. Semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca. See you.. :D

No comments:

Post a Comment